Tips dan Trik Dalam Recording Solo Fingerstyle

cara recording di solo fingerstyle semua orang mempunyai trik dan cara nya sendiri baik alat dan editingnya dan juga plugin yang dia pakai. untuk kali ini saya akan membahas cara recording ala saya sendiri dan beberapa pengetahuan yang perlu diketahui yang saya dapat dari beberapa teman dan sumber. langsung saja

apa yang dibutuhkan untuk recording solo fingerstyle ?

1. siapkan senjata dan amunisi kita seperti gitar atau alat musik petik lainnya dan alat alat recording mu seperti laptop, mic usb, soundcard external, headset, speaker dan plugin2 serta software untuk recordingmu. usahakan senar masih baru agar tonenya lebih baik dan jelas . dan gitarmu juga sudah harus di setting nyaman agar proses recording tidak terganggu oleh gitar yang sulit dimainkan.

DSC00318 DSC00317

ini mic yang saya gunakan memang tak terlalu canggih dan mahal. hasil yang ditangkap memang tidaklah maksimal dari bingtang 5 ini mic menurutku cuman dapat bintang 3 jadi belum memuaskan tapi kita bisa akalin nanti saat editing dan masteringnya.

nah itu tu soundcard external yang warna hijau itu berfungsi sabagai distributor suara yang ditangkap bisa dikirim ke headset ataupun speaker nantinya tinggal ganti ganti aja. soundcard ini juga bisa untuk record gitar akustik elektrik lo karena ada lubang mic nya juga dan soundcard ini bisa mengeluarkan sound 2 kali lebih baik dibanding soundcard pc atau laptop bawaan, harganya juga terjangkau.

senjata yang saya pakai yaitu gitar greg bennett asom. saya suka karakter gitar ini dan sudah di setting nyaman oleh abang-abang reparasi agar main kita nggak terganggu. untuk senar makai ernieball aluminium bronze 0.13 cukup gede sih dan menyiksa jujur aja tapi hasil tone nya cukup buatku senang. untuk ukulele saya gunakan imogi ukulele dari pelem ukulele bandung, aku juga suka dengan ukulelenya sangat nyaman dan tonenya juga ok.

DSC00258DSC00159

2. ruang untuk recording. ruangan bisa dimana saja yang penting ruangan kedap suara dari luar dan tidak bergema atau memantul. yang harus dimatiin saat record yaitu ac, jam, hp. ini ruangan yang saya pakai ruang sederhana aja.

DSC00310

3. siapkan lagu dan materimu . ini memang harus sudah siap. jangan membuat lagu disaat pas recordingmu atau improve disarankan jangan karena itu bertanda kamu belum siap karena kasian operator atau temanmu nantinya yang mengawasi harus mengulang dan menunggumu ready akan memakan waktu dan menjengkelkan dan jangan grusak grusuk atau banyak gerak saat record karena akan menghasilkan bunyi yang mengganggu. lalu ikutin tempo yang sudah ditetapkan. saat recording kamu boleh hanya merecord per part nya saja misalkan intro dahulu terus berhenti lalu sambung lagi, tapi ini tak berlaku jika video live session usahakan jangan lipsink langsung sekali record aja.

4. begini konsep nya cukup sederhana dan saya hanya record dengan satu mic saja karena belum ada biaya hehe … sebenarnya kamu juga bisa nambahin line gitar ke pc/laptopmu dengan soundcard itu .

Jpeg

5. siap deh setelah semua alat udah ready dan dicolok maka ini proses recording yang kulakukan.

oh iya aku langsung aja ke trik nya aja .. untuk pemakaian dasar cukup dipelajarin sendiri aja ya

a. setting pc/laptopmu terlebih dahulu sebelum recording .

12

itu settingan asio4all yang kupakai ada 2 yang dibutuhkan yaitu dari usb soundcard external dan dari mic usb .

aplikasi sendiri saya gunakan cubase 5 karena mudah di gunakan menurutku.

untuk input gunakan mic usb nya dan output gunakan soundcard externalnya agar nanti jika kita ingin gonta ganti output seperti headset yang satu dengan yang lain atau speaker lainnya lebih mudah. asio4all bisa didownload gratis di webnya. untuk settingangan gain mic itu tergantung selera aja nantinya mau kuat atu pelan tergantung karakter kita.

b. setelah direcord siap untuk di edit lagunya aku multitrack atau di duain. nah ini fungsinya agar sound gitarmu lebih stereo baik di headset ataupun di speaker jadi dia tidak terfokus ke suara tengah aja atau lari keotak sehingga membuat agak sedikit pusing . ini settingan yang kuambil lihat pada gambar bawah ada bagian yang di kanan kan dan di percepat atau diperlambat salah satunya agar musikmu itu seperti ada 2 orang yang bermain jadi ada yang susul menyusul gitu jadi stereonya lebih dapat deh.

34

c.  ini untuk masteringnya aku gunakan beberapa plugin gratis yang bisa didownload tinggal ketik di google aja ya. nambahin pluginnya saya langsung gunakan sekali 2 track nya agar keduanya sama hasil nya.

5

d. ini equ yang saya mainin sedikit.  ini tergantung selera aja equ ini membantu agar karakter gitarmu lebih keluar tapi editnya jangan terlalu over ya karena akan bikin aneh ntar.

6

e. denoise berfungsi untuk melenyapkan atau mengecilkan suara berisriiiiiiiiiiiiiikk. namun mungkin tak semaksimal yang kita inginkan namun cukup membantu agar suara gitarmu gangguan noisenya lebih berkurang. ingat sedikit aja kurangin sekitar -3.0 db cukup.

11

f. setelah noise berkurang maka naikkan tone gitarmu dan gainnya dengan filter- tonic- pilih midi jam 3 dan nggak perlu distel lagi karena udah akan maksimal pasti tone gitarmu jauh lebih jelas nantinya namun tidak pecah . jika pecah tinggal kurangin saja di bagian outputnya.

7

g. lalu gunakan TDR untuk naikin karakter gitarmu dan mengatur keluaran gitarmu seperti mengkompres juga bisa

8

h. habis itu gunakan TAL reverb2 pilih seperti gambar dibawah dengan untuk reverb ini sebenarnya saya tidak gunakan karena segi karakter namun untuk yang suka andy mckee , gunakan ini maka hasilnya akan hampir sama dengan karakter reverbnya mckee.

9

i. yang terakhir saya gunakan reverb ini agar kesan ruangan lebih terasa dan sound gitar tidak terlalu kering dengan settingan seperti gambar ini hanya segi selera saja.

10

begitulah cara saya untuk saat ini merecord lagu solo fingerstyle. saya sendiri masih 2 tahun mempelajarinya, jika ada kekurangan atau yang tidak dimengerti bisa di koment.

untuk plugin diatas memang tidak disediain cubase  jadi harus didownload tapi tenang gratis kok cek aja dan plugin diatas itu termasuk selera kamu saja kamu bisa juga menambah delay agar kesannya lebih ramai karena sebagian laguku juga ada ditambah delay.

ini lagu saya yang di album paradisaea rudolphi  yang belum ku edit dan mastering bisa di download http://www.mediafire.com/download/u7ntnd7bcqf1r72/spoiled+girl+master+-+Output+-+Stereo+Out.mp3

dan ini setelah kuedit dan mastering download http://www.mediafire.com/listen/9dri1w2xk996vec/04._Spoiled_Girl.mp3

perhatikan dan dengerin aja keduanya pasti jauh perbedaannya…

terimakasih saya buat andri guitara dan m. aziz yang udah banyak membantu 🙂 senang bisa membantu . (cg)

#fingerstyle, #gitaris-fingerstyle, #home-recording, #ifgc, #ifgc-medan, #indonesian-fingerstyle-guitar-community, #michael-hedges, #recording, #recording-fingerstyle