Tugas -Tugas Kuliah Dari Semester 1-6

saya kuliah di institute sains dan teknologi td. pardede atau ISTP medan dekat kampus darma agung dan depan pardede hall,  saya angkatan 2012 jurusan teknik arsitektur. di bawah ini penampakan kampusnya ….

2013-03-20 09.23.33

kenapa saya tertarik dengan arsitektur ? karena saya suka berfikir dan aktif  seperti mendesain dan menggambar jika keduanya disatuin maka sangat cocok bila masuk arsitektur, apalagi di arsitektur kita dipaksa juga untuk mempelajari dunia dari segala bidang dan sosial agar kita bisa memecahkan suatu masalah disekitar kita karena arsitektur sangat dekat dengan problem lingkungan ataupun manusia jadi sudah sangat lengkap deh kalau di arsitektur ini jika dipelajarin maka kita seperti belajar banyak hal.

saya juga dari semester satu sudah sambil kerja di biro arsitek di medan di simon+dhoni studio dari tahun 2011 kebetulan tamatan smk dibidang yang sejenis maka saya sudah punya basic untuk kerja seperti autocad dan menggambar rumah. saya juga cukup lama bekerja disana kenapa ? bukan masalah gaji, pengalaman ataupun nama tapi melainkan karena saya cinta arsitektur sehingga saya bisa betah disana, kalau saya kerja dibidang lain mungkin sebulan juga udah resign.

meja gambar untuk meja  serbaguna … ini wajib dimiliki oleh mahasiswa arsitektur kenapa ? karena meja ini sangat membantu mu dalam menggambar manual apalagi ukuran kertas yang A0 pasti kesulitan jika menggambar dilantai. dan dimeja kaca ini juga kalian bisa menjiplak atau mengkalkir lebih mudah karena bisa gunakan lampu sorot dari bawah gunakan lampu belajar juga bisa. buat bikin maket disini juga bisa seperti motong-motong jadi lantai rumahmu nggak jadi korban deh. untuk membuat meja ini bisa menghabiskan dana 600 ribu nah untuk itu coba cari kenalan senior arsitektur yang sudah mau lulus pasti mereka jual kekamu bisa dapat setengah harganya seperti saya hehe.

2012-09-25 06.23.49 2012-10-17 20.47.09

ini adalah beberapa tugas kuliah saya dari semester 1-6 kira kira tugas kecil gitu dan ini hanya ini yang pernah sempat saya dokumentasikan ok silahkan dilihat-lihat walau tak seberapa

tugas maket rumah adat indonesia …… nggak tau ni rencana mau bikin rumah adat melayu yah jadinya begini karena waktu bikinnya mepet bener karena harus fokus ama tugas studio jadi apadanya saja hehe yang penting aku fokus bikin bentuk nya aja ada atap dinding, pagar dan tangganya. tapi ntah kenapa bisa dapat A dimata kuliah ini.

2014-02-05 01.19.36

 

 

 

 

 

 

tugas membuat posisi bangunan …. tugas ini bertujuan untuk mempelajari posisi masa bangunan yang pas dengan lahannya dengan pola linier, grid atau lainnya …. disini saya buat sebuah bangunan dengan efek cermin gitu didalam hutan jadi massanya jadi terkamuflase dan nggak terlihat yah intinya gitu deh.

2012-11-28 11.54.10 2013-02-14 08.52.41  2013-02-14 08.52.10 2013-02-03 21.55.102013-02-14 08.52.26

beberapa tugas sketsa … kami jarang sih di kuliah tugas penerapan sketsa gini nggak terlalu banyak diajarin juga itu ada sketsa pertama kuliah ku dulu yang gambar luar rumah  dan dibuat pada masa pjta atau seperti ospek gitu cuman kami nginep di istana pardede dekat binjai, disana kami di buat seperti orang-orangan nya para senior. tapi disana kita bakal dapat tawa,sedih dan senangnya deh pokoknya ambil positifnya aja.

2012-10-17 22.20.39 2012-10-17 21.45.45 2012-10-09 11.39.392012-09-25 06.22.23

tugas membuat pola vertikal yang diulang-ulang menjadi sebuah ruang… ini konsepnya emang pingin buat gereja dengan permainan naik turun walau nggak rapi tapi dosennya suka ama tema dan cara bentuknya.

2013-03-29 21.12.35 2013-03-29 21.24.57 2013-04-01 08.40.02

membuat bentuk dari korek api…. yah ini sebenarnya abstak dan aku pasrah pas membuatnya asal jadi aja yang penting pola awalnya ada kubuat seperti piramida jadi ku join aja semuanya jadi nya seperti ini  seperti tower.

2013-07-07 21.34.51 2013-07-06 18.38.232013-07-01 07.22.39

membuat sebuah bentuk dari kaca ini untuk ujian kalau tak salah ….disusun dengan bentuk kaca yang sama namun posisi yang berbeda sehingga menghasilkan pola yang unik dan menarik.. yah saya juga cuman bisanya maksimal begini dan diberi lampu didalamnya agar efek bias kacanya terlihat dari luar.

2013-07-14 19.52.44 2013-07-14 20.31.49

tugas dari lidi …  jadi kita pertama harus membuat pola nya terlebih dahulu atau yang berwarna hijau itu dan baru lidinya kita bentuk terserah nempelnya dimana aja selagi masih didalam polanya.

2013-06-24 11.14.162013-07-28 19.39.23

tugas lainnya yang menurutku gagal. nggak sesuai dengan apa  yang ku pikirkan.

2013-05-06 09.18.56 2013-04-07 22.09.46 2013-07-18 09.27.47

tugas maket kelompok …. sebenarnya ini apa adanya aja yang kami kumpul.

img_2785

ini adalah tugas teknik komunikasi …. saya suka dengan karya ini tapi dosennya nggak suka ntah kenapa mungkin selera berbeda…. konsep awal saya pilih ialah seperti komik gitu jadi saya dan teman-teman kubuat seperti manga. menurutku dengan komik kita lebih mudah menjelaskan apa yang mau kita jelaskan juga nantinya ..Untitfgfled 2013-01-12 16.04.46

kakinya kubuat seperti kaki spongebob untuk komiknya dibuat seperti jemuran sehingga orang yang melihat nya bisa memutarnya dan orang itu juga menjadi aktif dan nggak harus hanya melihat aja .

nah ide boneka danbo nya dari temenku. saya juga suka dan kebetulan sangat cocok dijaiin sebagai maskot yang jagain si kaki presentasi.

2013-01-11 20.34.28 2013-01-11 07.11.02

ini isi komiknya dibaca aja

1 2345678910

ini setelah jadinya lucu kan…. 

IMG_2628 2013-01-15 10.08.50 2013-01-15 10.08.13

tugas perkembangan arsitektur global …. jadi ini sejarah singkatnya aja sih

yunani ROMAWI mesopotania MESIR

tugas interior tapi harus ada permasalahan yang kita angkat .. disini saya mengangkat tentang isu banyaknya penghuni yang tinggal ditepi rel kereta api, saya mikirnya kenapa harus ditepi rel ? jadi saya coba bikin diatas rel aja dengan tiang penyangga dengan rumah berbahan kontainer sehingga juga orang orang yang didalam kereta tidak akan melihat lagi adanya wilayah kumuh ditepi rel dan bekas peninggalan rumah tepi rel juga bisa dibuat menjadi taman tentunya jadi lebih indah.

masalahnya mungkin hanya getaran dari kereta yang lewat .. namun setelah ditanya tanya sama teman yang tinggal di tepi rel mereka ternyata sudah biasa dengan getaran itu bahkan dari jauh juga terasa jadi bukan lagi jadi gangguan buat mereka, udah makanan sehari-hari.

kontainer ini disusun rapi secara horizontal dan naiknya dengan tangga …. kenapa horizontal ? kenapa nggak vertikal kan lebih banyak dapat nya ? karena menurutku horizontal itu udah sangat familiar dan tradisinya orang kita. ingatkah kita melihat penggusuran pasar tradisional dan pedagang kaki lima yang berjejer horizontal mereka direlokasikan ke bangunan yang vertikal dan selalu gagal karena banyak hal … kalau saya pribadi pasar tradisional itu diambil dari kata tradisi.. sesuatu yang sudah menjadi tradisi tentu tidak dapat diubah lagi ? apalagi emang dari awalnya horizontal kenapa harus dibuat vertikal ya tradisi sulit untuk diubah..

.bentuk masa bangunan denah kontainer int. bed int. dapur

tugas interior … membuat ruangan dari denah tugas studio kami … kebetulan saya membuat tugas studio rumah sekaligus klinik jadi saya ambil ruangan resepsionis klinik ama r.tamu rumahnya aja … konsepnya pake hpl kayu kayu biar lebih hidup aja karena disini desain rumah ku emang lebih ke tropis biar menyatu sama ruangannya.

6 5 712   43

beberapa tugas poster 

TROPISC Untitleda-1aa cleanZaha hadid ( cindra - 121840062)

tugas produk …. membuat produk sebuah karya dari bahan bekas .. temanya seperti pohon sakura dengan kaki dari kayu kursi bekas dan lampunya dari kertas kalkir print bunga sakura sebagai motifnya dan rangkanya dari kawat kandang dilingkar lalu bagian tapak kaki dari kaleng biskuit dicor beton  sehingga dapat menahan beban berat diatasnya kaleng biskuit dicat hijau seperti dataran rumput dan cor betonnya ditutup dengan rumput mainan bekas akuarium biar menyatu dan menyamarkan cor betonnya. dosennya suka jadi diambil diletak diruangannya.

mpu (4)IMG-20130729-WA0001mpu (1)IMG-20130729-WA0000mpu (2)mpu (3)

tugas mind map

r1 r2 r4 rp (1) rp (2) rp (3) rp (4) rp (5)

sekian dulu hanya segini saja yang ada terdokumentasi walau karya dan hasilnya agak memalukan dan amatiran hehe , nanti jika dapat lagi dari teman atau file lama bakal langsung ku update karena ini bakalan jadi sejarah dan perjuangan ku kelak saat menjadi mahasiswa dan saya harus menghargainya walau biasa-biasa saja. salam (cg)

Advertisements

#architecture, #arsitektur, #kuliah, #medan, #pardede