DAFTAR TUNING GITAR

DAFTAR TUNING GITAR, by Cindra Gani, Andri Guitara

hmm untuk tuning sangat banyak ragamnya dan bisa kamu ciptain dan susun sendiri sesuai kebutuhan agar nada dasar yang ingin dicapai bisa di jangkau lebih mudah atau mendapatkan suasana yang lebih berbeda dibandingkan bermain di tuning normal . saya sarankan miliki gitar lebih dari satu untuk belajar ragam tuning … saya pribadi dulu sengaja beli gitar sampai 3-4 buah biarin aja yang murah karena cuman untuk mempelajari banyak tuning tersebut bila hanya satu gitar bakalan repot soalnya muter-muter dryer dan resiko putus senar juga bakalan besar. saya juga melatih banyak lagu dan teknik dari tuning yang berbeda-beda dari artis yang berbeda2 pula, itu agar saya jadi terbiasa, lebih mahir dan mudah mendapatkan inspirasi nada-nada baru, karena di tuning standart jujur saya agak kesulitan mencari nada baru dan suasana baru jadi jikalau sudah merasa cukup mempelajari suasananya dan dapat tuning-tuning favorite mu maka gitarmu sudah bisa dijual lagi hehe susah sih ngerawat banyak gitar.

Berikut ini daftar tuning gitar yang bisa kita coba di gitar untuk mengaransemen musik fingerstyle. Penjelasan singkatnya seperti ini, huruf yang tertera pada tuning adalah urutan nada dari senar 6 hingga senar 1. Sebagai contoh, tuning standard yang biasa kita pakai adalah EADGBE, artinya senar 6 = E, senar 5 = A, senar 4 = D, senar 3 = G, senar 2 = B, dan senar 1 = E.

Nada pada tuning standard merupakan nada acuan dari tuning lain. Misalnya jika kita ingin merubah tuning standard – EADGBE menjadi drop D – DADGBE, maka nada yang dirubah adalah nada senar 6 = E menjadi D dengan menurunkan nada menjadi lebih rendah 2 mol. Jika kita ingin merubah tuning standard menjadi Dsus4 – DADGAD, maka kita turunkan senar 6, 2, dan 1 menjadi lebih rendah 2 mol. Begitupun tuning lainnya, bisa saja nada nya berubah menjadi lebih rendah dan lebih tinggi.

Boleh ga bikin tuning di luar daftar tuning disini? Sangat boleh. Creativity is unlimited 🙂

STANDARD – EADGBE

ALL FOURTHS – EADGCF

BARITONE – BEADF#B

C# – C#F#BEG#C#

C6 – CACGCE

CROSSNOTE A – EAEACE

CROSSNOTE A(2) – EACEAE

CROSSNOTE D – DADFAD

CROSSNOTE E – EBEGBE

CROSSNOTE F – FG#CFCF

CROSSNOTE F(2) – FCFACF

CROSSNOTE G – DADGA#D

CSUS2 – CGCGCD

D MODAL (sus4) – DADGAD

D MODAL(2) – DADADD

DOUBLE DROP A – AEADF#A

DOUBLE DROP Bb – A#FA#D#GA#

DOUBLE DROP B – BF#BEG#B

DOUBLE DROP C – CGCFAC

DOUBLE DROP C# – C#G#C#F#A#C#

DOUBLE DROP D – DADGBD

DROP A – AEADF#B

DROP A(2) – AADGBE

DROP Bb – A#FA#D#GC

DROP B – BF#BEG#C#

DROP C – CGCFAD

DROP C# – C#G#C#F#A#D#

DROP D – DADGBE

Dsus2 – DADEAD

E modal – EBEEBE

Esus2 – EAEF#BE

Esus4 – EAEABE

Eb(HENDRIX) – D#G#C#F#A#D#

FULL STEP DOWN – DGCFAD

G MODAL – GGDGBD

GAMBALE – ADGCEA

Gsus2 – DGDGAD

Gsus4 – DGDGCD

Gsus4(2) – DGCGCD

GUINNEVERE – EBDGAD

NEW STANDARD – CGDAEG

OPEN A – EAC#EAC#

OPEN A(2) – EAEAC#E

OPEN A (SLIDE) – EAEAC#E

OPEN C – CGCGCE

OPEN C# – C#G#C#FG#C#

OPEN D – DADF#AD

OPEN Eb – D#A#D#GA#D#

OPEN E – EBEG#BE

OPEN F – FACFCF

OPEN F(2) – CFCFAF

OPEN G – DADGBD

OPEN G MINOR – DADGA#D

OPEN G6 – DGDGBE

Penggunaan tuning-tuning tersebut sangat bergantung pada kebutuhan aransemen dan timbre yang kita butuhkan. Perubahan tuning tentunya akan merubah tension senar, sehingga untuk mendapatkan tension yang pas di tuning tersebut, kita harus pintar memilih senar yang baik digunakan pada tuning tersebut. Lebih jelasnya silakan baca dokumen mengenai ‘Tips Memilih Senar’.

Lalu apakah chord yang kita mainkan jadi berubah? Urutan nada chord tentunya tidak berubah, namun posisi jari bisa berubah, silakan baca Lesson mengenai ‘Pembentukan Chord’.

Sumber: Ultimate guitar

Posted by Cindra Gani (cg)

Edited by Andri Guitara

Advertisements

#fingerstyle, #gitaris-fingerstyle, #indonesian-fingerstyle-guitar-community