RESTORAN PINGGIR DANAU, PUSAT PEMERINTAHAN BINJAI TIMUR

TUGAS STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR TERPADU

MEBIDANGRO adalah sebuah rencana tata ruang dan kawasan untuk kota metropolitan tahun 2027 dan untuk proyek ini saya dan teman kelompok mendapat jatah bagian Pusat Pemerintahan Binjai Timur, saya mengambil site site-rambutan-stupa-terpadukomersialnya didekat danau dan yang lain mengambil bagian Kantor Pemerintahan dan Satu lagi Pusat Pendidikan.

Kami tidak diperbolehkan untuk mengacak dan mengubah bentuk lanscape ataupun zoningnya dikarenakan sudah ditetapkan sebelumnya jadi kami hanya mendesain bangunan yang ada didalamnya saja.

 

Lahan komersial ini berdekatan dengan sebuah danau, saya pikir restoran sangat cocok bila dibangun disana dimana lokasinya juga berada ditengah site sangat strategis dikunjungi oleh bangunan yang mengelilingi site seperti pusat pendidikan , militer , perumahan dan pusat pemerintahan. Bangunan restoran dengan 3 lantai , masing masing lantai berbeda pengelola dan berbeda dapur tujuannya agar masing masing lantai memiliki karakter dan tema yang berbeda sesuai jenis restorannya karena selera makan l4manusia beda-beda . Saya juga harus memikirkan bagaimana cara supaya orang yang diluar site juga datang ketempat ini jadi saya mencoba memanfatkan danau yang ada menjadi tempat hiburan seperti bebek bebekkan, tempat jogging keliling danau, dan tempat nongrong, jembatan kaca dan juga ikon rambutan binjai sebagai penarik minat pengunjung sehingga bila mereka lapar setelah beraktivitas disana mereka akan pergi kerestoran untuk makan.

 

 

Lahan saya bisa dibilang berada diposisi tusuk sate jalan dimana itu tidak baik buat feng shui dan permasalahnya juga saya tidak mau mengubah bentuk lanscape yang sudah ada yaitu simetris, jadi saya berusaha membuat l3bangunan yang simetris namun tidak mengenai tusuk sate tersebut jadi pada bagian itu saya bolongi untuk angin lewat dan dari jarak jalan tegak lurus itu kita bisa langsung melihat rambutan yang ada didanau itu dari jauh.

 

 

Bentuk fasade yang sederhana dipilih karena saya tak mau bangunan komersial ini terlihat mencolok dan lebih bagus dari pada pusat pemerintahan yang ada disekitarnya yah itu hanya pemikiran pribadi terkadang memang harus mengalah. Konsepnya saya ambil seperti gedung pabrik dan tangki air disengaja terekspose untuk mendukung konsepnya. muka nya saya pakai hebel dan pada dinding samping menggunakan locked seam yang kayak dijepang2 untuk mendukung kesederhanaan.

1 2 3 4

ide awal dari jembatan ini sama dengan yang ada dichina tujuannya untuk menarik pengunjung, jembatan dibuat ekstrim dengan lantai terbuat dari kaca dan motif rangka modul sarang lebah sama dengan paving block sekitar warnanya saya pilih kesan melayu karena daerah binjai daerah tanah melayu .untuk naik jembatan ini bayarl2l1jembatan

rambutan adalah ikonnya kota binjai jadi saya coba memasukkan unsur tersebut disekitar bangunan. saya coba buat rambutan raksasa dengan bahan plastik merah diselipkan didalamnya lampu dimana pada saat malam hari bisa terang dan berfoto fotolah disana. untuk menuju ke rambutan ini ada dua cara yaitu dengan jembatan dan bebek bebekkan bila tak bawa uang berenang aja. r-mlm rambutan-s

aktivitas berkumpul outdornya orang indonesia itu paling banyak disore hari karena nggak panas, berkumpul parkkeluarga, komunitas, teman dan sekedar cari angin maka dibuatlah disini tempat untuk mereka, area tepi danau ini juga mengelilingi danau sehinga bisa dimanfatkan untuk bersepeda atau jogging disore hari

 

 

 

 

 

 

INTERIOR

i1 i2 i3 i4

STRUKTUR

s1 s2 s3 s4

MAKET ..

warna nggak sama karena kehabisan cinta eh tinta …. yg penting bentuk masanya ajasih menurutku

12791084_1044054278966381_5861398606638281748_n

PAPAN PRESENTASI

rambutan-stupa-terpadu

FILE DTP+RENCANA silahkan comot … senang bisa berbagi kekurangan karena tugasku ini memang bnyak kekurangannya

DOWNLOAD http://www.mediafire.com/file/mzbkg6eo7hls157/STUPA+TERPADU.rar

#arsitektur, #arsitektur-istp, #binjai-timur, #jembatan, #jogging-area, #lanscape, #locked-seam, #mebidangro, #medan, #pusat-pemerintahan, #rambutan, #restaurant, #restoran, #terpadu, #tugas-studio-perancangan, #tugas-stupa