MUSEUM SENJATA DAN ARENA LATIHAN TEMBAK MEDAN

3

Ini adalah tugas studio akhir saya, ada tiga judul yang diajukan dgn konsep satu bentang lebar, satu masa banyak dan satu lagi high rise building. dan judul yang diterima adalah masa dengan bentang lebar yaitu museum senjata dan arena latihan tembak medan.

Proyek terdiri dari dua bagian yaitu museum yang dikelola oleh pemerintah dan arena latihan tembak dikelola oleh pihak swasta. Kedua judul ini bisa saling berhubungan karena menjerumus ke tujuan yang sama yaitu pengenalan sebuah alat senjata baik modern atau pada zaman dahulu bahkan zaman purba.

latar belakang judul ini adalah :

Sebenarnya museum senjata di kota Medan sudah ada yaitu Museum Perjuangan Bukit Barisan, berisikan tentang senjata dan perjuangan zaman sebelum kemerdekaan. Jadi judul ini juga bertugas untuk merangkul Museum Perjuangan Bukit Barisan untuk bergabung ke Museum senjata kota Medan dimana nantinya akan ada perpaduan antara senjata zaman penjajahan juga senjata tambahan dari era modern hingga sekarang.

(Museum Perjuangan Bukit Barisan Medan)

dsc_0510 dsc_0528 dsc_0535 dsc_0548

Banyak senjata api didalamnya dan juga banyak aksesoris senjata lainnya silahkan datang deh . 🙂

Pengenalan akan sebuah senjata sangatlah penting dari sejak dini bahkan yang sudah terlanjur berusia lanjut, kita harus tahu tujuan dibuatnya senjata dan sejarahnya agar menanamkan semangat juang kepada diri kita untuk membela tanah air kelak. Seperti halnya di Korea Utara, mereka dikenalkan senjata dari usia dini agar kecintaan dan jiwa nasionalisme mereka tertanam dari kecil.

Sebagai kelahiran anak Indonesia sejati sudah seharusnya kita mengenal senjata dan bisa menggunakannya baik wanita ataupun pria demi kepentingan Negara jika ada panggilan kelak, dimana perang dan juga teror sudah sangat terlihat dan tidak bisa di bohongi lagi, bisa saja kedua itu datang kapan saja sehingga kita sudah mempunyai bekal minimal tahu cara menggunakan senjata dan bisa langsung terjun untuk membela tanah air atau untuk membela diri jika menjumpai senjata.

Khususnya dikota Medan komunitas menembak juga sudah banyak sehingga arena tembak ini nantinya akan menjadi tempat yang menjanjikan dan bisa dimanfaatkan oleh mereka.

(LAPANGAN TEMBAK PERBAKIN MEDAN JL. GAPERTA)

JpegJpeg

JpegJpeg

Saya baru pertama kali dengar suara senjata api yg asli itu di sini sangat kuat sekali seperti 2 kali lipat tembakan paku plafon, rasanya ingin tutup kuping tapi malu juga yah saya merasa kecewa dengan diri sendiri krna merasa lemah jujur aja .

nah ini hasil pekerjaan yang saya desain selama 3 bulan

KONSEP 

b c d e f g

drone saya desain untuk memberi kesan pendukung futuristik kebangunan saya. dia bisa berputar ditiup angin nanti bayangan nya juga ikut berputar sehingga sekitar bangunan menjadi lebih hidup.

dronenya tinggal taruh diatasnya panci ember kaos oblong dan hanger baju jadi lah panjang pinang hehe (becanda)

j ml

X BANNER

x-banner3x-banner2

BROSUR

x

karena yang saya bikin adalah sebuah produk maka saya juga harus bisa menjualnya maka saya buatlah brosur saat presentasi sebagai penarik minat masyarakat untuk datang karena orang lokal masih bnyak yang tidak tau tentang museum perjuangan dan juga lapangan tembak perbakin.

EKSTERIOR

h 3 2 4 1

mirip gembok ya atau closet ? jujur saya nggak sampai berfikir kesitu, awalnya yang dibayangan saya pas desainnya dari sudut mata manusia bukan mata burung , tapi itu jadi pelajaran buat saya.

INTERIOR

MUSEUM SENJATA PERJUANGAN

o p

saya lebih suka yang suasana gelap sih seperti dalam gua yang dingin biarkan cahaya dari celah celah bangunan yang menerangi senjatanya

LAPANGAN TEMBAK INDOOR DAN OUTDOOR

q r s

ARENA PAINTBALL DAN TAMAN INDOOR

u   v

bekas peluru paintball yg melekat dikaca sengaja tak dibersihkan tujuannya nanti bakalan menjadi seni natural yang terlihat dari taman jadi setiap ada yang main maka seni nya juga akan berubah ubah

MUSEUM SENJATA MODERN

t

MAKET 

1475640460160 1475640470981 1475640492733 1475640498049

1 2

sebenarnya proyek ini banyak kekurangannya dari segi suara dan keamanan terutamanya. tapi saya puas dengan pekerjaan ini.

file dan data tidak bisa saya bagi karena banyak menyangkut keamanan perbakin dan museum kodam bukit barisan ….

#architecture, #arena-tembak, #arsitektur-istp, #bukit-barisan, #drone, #gaperta, #istp-medan, #kodam, #kuliah, #lapangan-tembak, #medan, #museum, #museum-perjuangan-medan, #paint-ball, #perbakin, #senjata, #studio-tugas-akhir, #tugas-akhir

Advertisements