MUSEUM SENJATA DAN ARENA LATIHAN TEMBAK MEDAN

3

Ini adalah tugas studio akhir saya, ada tiga judul yang diajukan dgn konsep satu bentang lebar, satu masa banyak dan satu lagi high rise building. dan judul yang diterima adalah masa dengan bentang lebar yaitu museum senjata dan arena latihan tembak medan.

Proyek terdiri dari dua bagian yaitu museum yang dikelola oleh pemerintah dan arena latihan tembak dikelola oleh pihak swasta. Kedua judul ini bisa saling berhubungan karena menjerumus ke tujuan yang sama yaitu pengenalan sebuah alat senjata baik modern atau pada zaman dahulu bahkan zaman purba.

latar belakang judul ini adalah :

Sebenarnya museum senjata di kota Medan sudah ada yaitu Museum Perjuangan Bukit Barisan, berisikan tentang senjata dan perjuangan zaman sebelum kemerdekaan. Jadi judul ini juga bertugas untuk merangkul Museum Perjuangan Bukit Barisan untuk bergabung ke Museum senjata kota Medan dimana nantinya akan ada perpaduan antara senjata zaman penjajahan juga senjata tambahan dari era modern hingga sekarang.

(Museum Perjuangan Bukit Barisan Medan)

dsc_0510 dsc_0528 dsc_0535 dsc_0548

Banyak senjata api didalamnya dan juga banyak aksesoris senjata lainnya silahkan datang deh . 🙂

Pengenalan akan sebuah senjata sangatlah penting dari sejak dini bahkan yang sudah terlanjur berusia lanjut, kita harus tahu tujuan dibuatnya senjata dan sejarahnya agar menanamkan semangat juang kepada diri kita untuk membela tanah air kelak. Seperti halnya di Korea Utara, mereka dikenalkan senjata dari usia dini agar kecintaan dan jiwa nasionalisme mereka tertanam dari kecil.

Sebagai kelahiran anak Indonesia sejati sudah seharusnya kita mengenal senjata dan bisa menggunakannya baik wanita ataupun pria demi kepentingan Negara jika ada panggilan kelak, dimana perang dan juga teror sudah sangat terlihat dan tidak bisa di bohongi lagi, bisa saja kedua itu datang kapan saja sehingga kita sudah mempunyai bekal minimal tahu cara menggunakan senjata dan bisa langsung terjun untuk membela tanah air atau untuk membela diri jika menjumpai senjata.

Khususnya dikota Medan komunitas menembak juga sudah banyak sehingga arena tembak ini nantinya akan menjadi tempat yang menjanjikan dan bisa dimanfaatkan oleh mereka.

(LAPANGAN TEMBAK PERBAKIN MEDAN JL. GAPERTA)

JpegJpeg

JpegJpeg

Saya baru pertama kali dengar suara senjata api yg asli itu di sini sangat kuat sekali seperti 2 kali lipat tembakan paku plafon, rasanya ingin tutup kuping tapi malu juga yah saya merasa kecewa dengan diri sendiri krna merasa lemah jujur aja .

nah ini hasil pekerjaan yang saya desain selama 3 bulan

KONSEP 

b c d e f g

drone saya desain untuk memberi kesan pendukung futuristik kebangunan saya. dia bisa berputar ditiup angin nanti bayangan nya juga ikut berputar sehingga sekitar bangunan menjadi lebih hidup.

dronenya tinggal taruh diatasnya panci ember kaos oblong dan hanger baju jadi lah panjang pinang hehe (becanda)

j ml

X BANNER

x-banner3x-banner2

BROSUR

x

karena yang saya bikin adalah sebuah produk maka saya juga harus bisa menjualnya maka saya buatlah brosur saat presentasi sebagai penarik minat masyarakat untuk datang karena orang lokal masih bnyak yang tidak tau tentang museum perjuangan dan juga lapangan tembak perbakin.

EKSTERIOR

h 3 2 4 1

mirip gembok ya atau closet ? jujur saya nggak sampai berfikir kesitu, awalnya yang dibayangan saya pas desainnya dari sudut mata manusia bukan mata burung , tapi itu jadi pelajaran buat saya.

INTERIOR

MUSEUM SENJATA PERJUANGAN

o p

saya lebih suka yang suasana gelap sih seperti dalam gua yang dingin biarkan cahaya dari celah celah bangunan yang menerangi senjatanya

LAPANGAN TEMBAK INDOOR DAN OUTDOOR

q r s

ARENA PAINTBALL DAN TAMAN INDOOR

u   v

bekas peluru paintball yg melekat dikaca sengaja tak dibersihkan tujuannya nanti bakalan menjadi seni natural yang terlihat dari taman jadi setiap ada yang main maka seni nya juga akan berubah ubah

MUSEUM SENJATA MODERN

t

MAKET 

1475640460160 1475640470981 1475640492733 1475640498049

1 2

sebenarnya proyek ini banyak kekurangannya dari segi suara dan keamanan terutamanya. tapi saya puas dengan pekerjaan ini.

file dan data tidak bisa saya bagi karena banyak menyangkut keamanan perbakin dan museum kodam bukit barisan ….

#architecture, #arena-tembak, #arsitektur-istp, #bukit-barisan, #drone, #gaperta, #istp-medan, #kodam, #kuliah, #lapangan-tembak, #medan, #museum, #museum-perjuangan-medan, #paint-ball, #perbakin, #senjata, #studio-tugas-akhir, #tugas-akhir

Advertisements

RESTORAN PINGGIR DANAU, PUSAT PEMERINTAHAN BINJAI TIMUR

TUGAS STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR TERPADU

MEBIDANGRO adalah sebuah rencana tata ruang dan kawasan untuk kota metropolitan tahun 2027 dan untuk proyek ini saya dan teman kelompok mendapat jatah bagian Pusat Pemerintahan Binjai Timur, saya mengambil site site-rambutan-stupa-terpadukomersialnya didekat danau dan yang lain mengambil bagian Kantor Pemerintahan dan Satu lagi Pusat Pendidikan.

Kami tidak diperbolehkan untuk mengacak dan mengubah bentuk lanscape ataupun zoningnya dikarenakan sudah ditetapkan sebelumnya jadi kami hanya mendesain bangunan yang ada didalamnya saja.

 

Lahan komersial ini berdekatan dengan sebuah danau, saya pikir restoran sangat cocok bila dibangun disana dimana lokasinya juga berada ditengah site sangat strategis dikunjungi oleh bangunan yang mengelilingi site seperti pusat pendidikan , militer , perumahan dan pusat pemerintahan. Bangunan restoran dengan 3 lantai , masing masing lantai berbeda pengelola dan berbeda dapur tujuannya agar masing masing lantai memiliki karakter dan tema yang berbeda sesuai jenis restorannya karena selera makan l4manusia beda-beda . Saya juga harus memikirkan bagaimana cara supaya orang yang diluar site juga datang ketempat ini jadi saya mencoba memanfatkan danau yang ada menjadi tempat hiburan seperti bebek bebekkan, tempat jogging keliling danau, dan tempat nongrong, jembatan kaca dan juga ikon rambutan binjai sebagai penarik minat pengunjung sehingga bila mereka lapar setelah beraktivitas disana mereka akan pergi kerestoran untuk makan.

 

 

Lahan saya bisa dibilang berada diposisi tusuk sate jalan dimana itu tidak baik buat feng shui dan permasalahnya juga saya tidak mau mengubah bentuk lanscape yang sudah ada yaitu simetris, jadi saya berusaha membuat l3bangunan yang simetris namun tidak mengenai tusuk sate tersebut jadi pada bagian itu saya bolongi untuk angin lewat dan dari jarak jalan tegak lurus itu kita bisa langsung melihat rambutan yang ada didanau itu dari jauh.

 

 

Bentuk fasade yang sederhana dipilih karena saya tak mau bangunan komersial ini terlihat mencolok dan lebih bagus dari pada pusat pemerintahan yang ada disekitarnya yah itu hanya pemikiran pribadi terkadang memang harus mengalah. Konsepnya saya ambil seperti gedung pabrik dan tangki air disengaja terekspose untuk mendukung konsepnya. muka nya saya pakai hebel dan pada dinding samping menggunakan locked seam yang kayak dijepang2 untuk mendukung kesederhanaan.

1 2 3 4

ide awal dari jembatan ini sama dengan yang ada dichina tujuannya untuk menarik pengunjung, jembatan dibuat ekstrim dengan lantai terbuat dari kaca dan motif rangka modul sarang lebah sama dengan paving block sekitar warnanya saya pilih kesan melayu karena daerah binjai daerah tanah melayu .untuk naik jembatan ini bayarl2l1jembatan

rambutan adalah ikonnya kota binjai jadi saya coba memasukkan unsur tersebut disekitar bangunan. saya coba buat rambutan raksasa dengan bahan plastik merah diselipkan didalamnya lampu dimana pada saat malam hari bisa terang dan berfoto fotolah disana. untuk menuju ke rambutan ini ada dua cara yaitu dengan jembatan dan bebek bebekkan bila tak bawa uang berenang aja. r-mlm rambutan-s

aktivitas berkumpul outdornya orang indonesia itu paling banyak disore hari karena nggak panas, berkumpul parkkeluarga, komunitas, teman dan sekedar cari angin maka dibuatlah disini tempat untuk mereka, area tepi danau ini juga mengelilingi danau sehinga bisa dimanfatkan untuk bersepeda atau jogging disore hari

 

 

 

 

 

 

INTERIOR

i1 i2 i3 i4

STRUKTUR

s1 s2 s3 s4

MAKET ..

warna nggak sama karena kehabisan cinta eh tinta …. yg penting bentuk masanya ajasih menurutku

12791084_1044054278966381_5861398606638281748_n

PAPAN PRESENTASI

rambutan-stupa-terpadu

FILE DTP+RENCANA silahkan comot … senang bisa berbagi kekurangan karena tugasku ini memang bnyak kekurangannya

DOWNLOAD http://www.mediafire.com/file/mzbkg6eo7hls157/STUPA+TERPADU.rar

#arsitektur, #arsitektur-istp, #binjai-timur, #jembatan, #jogging-area, #lanscape, #locked-seam, #mebidangro, #medan, #pusat-pemerintahan, #rambutan, #restaurant, #restoran, #terpadu, #tugas-studio-perancangan, #tugas-stupa

Tugas Studio Perancangan Arsitektur 4

Tugas studio perancangan arsitektur 4 (stupa) HIGHRISE BUILDING ( APARTMENT )
di tugas ini ada 2 pilihan antara membuat hotel atau apartemen … kebetulan saya dapatnya apartemen … yang terpintas untuk apartemen mungkin akan bermewah mewahan dan kelas atas seperti di tv-tv … tapi saya mau coba buat apartemen yang sederhana aja karena saya juga belum punya banyak ilmu dan detail masih banyak kurang paham jadi membuat apartemen khusus kalangan menengah begitu contohnya mahasiswa karena dimedan juga apartemen khusus mahasiswa juga belum ada kebanyakan masih kos kosan jadi kayaknya cocok untuk peruntukan mereka.
nah karena ini khusus mahasiswa maka saya harus mencari site yang terdekat dengan kampus yang terbesar di medan yaitu USU … kenapa usu ? karena mahasiswa nya banyak pasti apartemennya cepat laku dan buat mahasiswa kampus lain yang terdekat juga bisa …
ini sitenya…. kenapa ?
 LOKASI
site ini memang diperuntukan untuk membuat sebuah condominium dan sudah dalam proses…  dekat juga dengan kampus USU ….. karena kebetulan saja punya visi yang sama jadi saya ambil dilahan ini juga sebagai apartemen fiktifnya jadi nggak perlu nyari data izin peruntukan lagi.
 ……………………………………………………
mau tau condominium yang mau dibangun di situ cek dibawah ini saya ambil langsung dari web http://setiabudicondominium.com/

Eksterior1a

flyer setiabudi baru

flyer setiabudi baru

PROPERTI-Riyadh Group Indonesia melalui anak usahanya PT Lima Putra Realty melakukan ground breaking pembangunan Setiabudi Condominium, Kota Medan hari ini 6 November 2014. Prosesi pertanda dimulainya pembangunan apartemen yang menelan investasi sekitar Rp 300 miliar rupiah itu dihadiri olehKetua DPD RI Irman Gusman yang sekaligus melakukan groundbreaking.

Sejumlah pejabat baik dari pusat maupun daerah juga tampak hadir, di antaranya, anggota DPD RI Sumut Perlindungan Purba, Dedi Iskandar Batubara, Rijal Sirait, Deputi Gubernur Bidang Permukiman DKI Jakarta Syahrul Effendi, Rektor USU Prof. DR. Dr. Syahril Pasaribu DTM&H, M.Sc (CTM), Sp A/K, Ketua DPD REI Banten Soelaiman, Ketua DPD REI Aceh Zulfikar, dan hadir juga pengusaha sekaligus Ketua PMI Sumut DR. H. Rahmat Shah.

Tomi Wistan

Selain itu tampak hadir juga dalam acara prosesi ground breaking, Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Infrastruktur dan Property Tomi Wistan serta Ketua DPD REI Sumut H. Umar Husein. Hadirnya pejabat penting dan pengusaha baik dari pusat maupun daerah itu menandakan tingginya dukungan terhadap pembangunan Setiabudi Condominium.

“Pembangunan low cost condo seperti Setiabudi Concominium masih sangat dibutuhkan untuk menjawab backlog perumahan dan ditengah kelangkaan lahan serta tingginya harga tanah di Indonesia. Pembangunan  condo bisa menjadi solusi. Oleh karena itu perijinan jangan sampai dipersulit. Bagi saya, Lima Putra Realty adalah developer pertama dan pionir pembangunan low cost condo di Medan,” ujar Irman Gusman.

Presiden Direktur PT Lima Putra Realty Ir. Bally Saputra MM mengatakan, kota Medan yang pertumbuhannya sangat pesat merupakan daerah potensial untuk mengembangkan properti khususnya apartemen dan condominium. Hal ini didukung dengan perekonomian yang tumbuh positif dan infrastruktur yang semakin membaik.

“Pengembangan bandara Kuala Namu menjadi lebih besar dan megah seperti saat ini membuat kota Medan semakin menarik untuk dikunjungi. Ini tentu akan membuat investasi di Medan menjadi lebih menarik. Kunjungan ke Medan juga akan semakin tinggi karena dukungan bandara megah tersebut,” ujar Bally di sela-sela prosesi ground breaking Setiabudi Condominium, Medan.

Proyek yang membidik segmen menengah ini dibangun di lokasi strategis dengan target utama adalah kalangan mahasiswa. Jaraknya hanya 1 kilometer dari Universitas Sumatera Utara, salah satu kampus terbesar di pulau Sumatera. Bally optimis proyek ini akan terserap dengan baik oleh mahasiswa yang tiap tahunnya bertambah mencapai ratusan ribu orang.

Dikatakan Bally, tak jauh dari lokasi Setiabudi Condominium akan dibangun akses tol menuju Kuala Namu Internasional Airport. Dengan begitu, ia yakin kenaikan nilai investasi di kawasan tersebut akan semakin tinggi, “Bisa mencapai 20-30 persen kenaikannya,”imbuh Bally seraya menambahkan pada hari pertama setelah ground breaking telah terjual sebanyak 40 unit dari total 848 unit.

Sumber :

http://www.propertynbank.com/setiabudi-condominium-medan-mulai-dibangun/

nah begitulah kata yang diatas …..

dan ini hasil analisa dan tugas apartement yang saya buat dan desain hanya satu masa jadi berbeda ama yang condominium …. karena kami di tugaskan untuk membuat bangunan highrise building bukan masa banyak

di apartemen ini juga terdapat 2 fungsi utama yaitu sewa kantor dan ruang apartemennya dan  banyak fasilitas lainnya bisa dilihat di poster paling bawah. di 3d eksterior ini saya nggak sempat bikin detail detail karena terbatasnya waktu desain dan lainnya jadi saya fokus ke bentuk massa dan material saja dan masih banyak kekurangannya hehe.

bentuknya saya ambil dari segitiga zigzag karena saya ingin membuat apartemen yang biayanya sedikit maka saya  hanya menggunakan material finishing cat doang tanpa second skin dan struktur juga terekspose , jadi bentuk massa dan fasade lah yang akan mendukung desain saya

EKSTERIOR
EXTERIOR 3EXTERIOR 1EXTERIOR 4EXTERIOR 2

INTERIOR

sederhana aja sesuai kebutuhan anak mahasiswa

INTERIOR 1 INTERIOR 2

STRUKTUR

corenya ada 2 diluar bangunan jadi pengunjung apartemen pas naik lift bisa lihat keluar bangunan viewnya juga sudah saya atur mengarah ke pusat kota medan …..

ISOMETRI STRUKTUR2 ISOMETRI STRUKTUR1

ini poster nya buat papan presentase secara singkat semoga bisa mudah dimengerti
PAPAN PRESENTASI

kalau mau file cad nya juga boleh buat bahan share sekalian mau nyimpan data dan menuhin blog aja
tapi gambar kerja saya nggak terlalu detail dan pasti banyak kekurangan yah masih proses belajar.
laporan : http://www.mediafire.com/download/75qa21v2m7fr172/LAPORAN.docx

rencana + detail : http://www.mediafire.com/download/ekh5no53gtelz7t/RENCANA+DETAIL.dwg

isometri sanitasi : http://www.mediafire.com/download/bqq160bb25vm8yb/ISOMETRI+SANITASI.dwg

DTP : http://www.mediafire.com/download/0je97jkj6itoble/DENAH%2CTAMPAK%2CPOTONGAN.dwg

sekian dan terimakasih senang bisa berbagi 🙂

 

#apartemen, #arsitek, #arsitektur, #arsitektur-istp, #bangunan-vertikal, #highrise-building, #istp, #kuliah, #materi-apartemen, #setiabudi-condominium, #spa, #stupa-terpadu, #tugas-studio-perancangan

Membuat Lampu Tidur Dari Bahan Bekas

2012-12-24 16.33.19 2012-12-24 16.34.42

lampu ini murni dari bahan bekas yang ada disekitarku bahannya juga mudah didapat dan alat nya juga sederhana … kebetulan alat pertukangan lengkap ditempatku jadi bisa dipakai … bahan- bahan bekas juga banyak digudang …. nah untuk bahan utama yaitu dari list profil untuk plafon itu lo kebetulan ada list gitu yang masih panjang dan ukurannya bisa kupotong dan dibentuk sedemikian rupa biar cantik berbentuk L kebalik dan didempetin biar/mirror biar terlihat tebal dan tidak ada sudutnya … kebetulan list profil juga punya bentuk yang bagus dan nggk rata jadi lebih berseni aja kesannya dibanding kayu batang biasa.

2012-12-23 16.15.122012-12-23 16.27.51

ketinggiannya diatur setinggi manusia dan kebetulan cat cuman ada hitam yah pakai aja …. nah untuk tapak kakinya gunakan kaleng cat dari besi atau ember juga bisa dan dicor beton agar dia berat dan nggak akan jatuh ataupun mudah goyang dan ingat cornya jangan sampe penuh karena akan ada permainan bahan nantinya untuk menutup tu coran .

2012-12-23 18.16.122012-12-24 10.43.26

setelah kaki dan batang lampu jadi maka kita sekarang bikin bidang lampu nya atau lampionnya …. bahannya dari kertas kalkir ukuran A3 dua pasang dan di print di komputer dengan motif terserah kamu deh … untuk rangkanya dari kawat dibuat melingkar dan ukurannya ingat harus sesuaiin ama ukuran kertas A3 nah kenapa saya milih kawat seperti gambar dibawah ini karena rangkanya akan cantik dan kelihatan bila dihidupin lampunya dan berefek gitulah dan lampunya juga lebih terlihat kokoh dan tidak mudah peot tentunya … bila kertas udah usang atau rusak kalian mudah kok untuk menggantinya kalau saya gunakan lem setan untuk nempelinnya.

2012-12-24 13.12.122012-12-23 19.30.10 2012-12-24 15.39.15

ini dia kaki tapak nya saya kasih batu tabur yang sisa akuarium juga bisa yang penting kesannya lebih ke alam dan batu ini berfungsi sebagai penyamar cor betonnya jadi telihat lebih ok …

2012-12-24 16.38.34

setelah semuanya selesai maka tingal pasang ajadeh perkabelannya+pitting+saklar dan lampunya.. kabel tinggal diselipin dibelakang lalu diatas batang profil lalu dijuntain kebewah agar rangka lampu dan pittingnya nempel bisa gunain tali plastik seperti gambar dibawah agar tidak jatuh atau dengan caramu sendiri juga bisa.

2012-12-24 16.49.09 2013-01-10 18.34.50

berikut penampakan lainnya ….

2012-12-24 16.36.07 2012-12-24 16.35.472012-12-24 16.36.41  2012-12-24 16.40.34  2012-12-24 18.17.29 2012-12-24 18.19.30 2013-01-07 20.57.49  IMG_20130108_221741

ok sekian dan terimakasih dari saya (cg).

 

 

#arsitektur, #arsitektur-istp, #bikin-lampu-sederhana, #ide, #lampu, #lampu-murah, #medan

Pohon Lampion

116_3169

masalah … ya masalah selalu ada dan pasti ada masalah baru dan baru lagi yah manusia memang suka mencari masalah termasuk saya hehe ………

pernahkah kalian melihat pohon pohon dalam masa remaja yang dahannya sering di potong hingga setengah seperti gambar diatas ? yup sangat sering sekali bahkan sering terjadi karena dianggap mengganggu view rumah dan halaman rumah menjadi buruk menurut pemilik rumah sih… padahal pohon pada masa remaja ini tidaklah terlalu merugikan untuk tumbuh didepan rumah karena dahannya tidaklah banyak ukurannya juga tidaklah besar sangat. jika pohonnya besar mungkin diperbolehkan untuk dipotong dahannya karena dianggap cukup berbahaya bila terjadi badai.

pohon lampu2

tapi yah yang terjadi sudahlah terjadi karena pohon masa remaja ini sudah di potong setengah maka ini pohon sulit untuk tumbuh kembali tentunya … oleh karena itu saya coba berfikir bagaimana supaya pohon setengah ini bisa bermanfaat dan tidak tumbuh sia-sia begitu saja … bagaimana bila diatas potongannya diberi lampion seperti ditaman dengan sistem yang tidaklah cukup rumit maka lampu dan kabel bisa diselipkan dipotongannya dan pada saat malam hari nanti lampu itu akan menerangi si pohon setengah sehingga juga berfungsi sebagai lampu jalan dan penerangan sekitar rumah tentunya dan penerangan bagi makhluk yang tinggal di pohon tersebut.

kelemahannya mungkin apa ya blum dapat sih ….. karena cukup efisien untuk dikerjakan dan dimanfaatkan tanpa merugikan banyak hal … sekian dan terimakasih.. kasih saran-saran juga bisa … salam (cg).

#arsitektur, #arsitektur-istp, #ide, #kota, #masalah, #unik

Tugas -Tugas Kuliah Dari Semester 1-6

saya kuliah di institute sains dan teknologi td. pardede atau ISTP medan dekat kampus darma agung dan depan pardede hall,  saya angkatan 2012 jurusan teknik arsitektur. di bawah ini penampakan kampusnya ….

2013-03-20 09.23.33

kenapa saya tertarik dengan arsitektur ? karena saya suka berfikir dan aktif  seperti mendesain dan menggambar jika keduanya disatuin maka sangat cocok bila masuk arsitektur, apalagi di arsitektur kita dipaksa juga untuk mempelajari dunia dari segala bidang dan sosial agar kita bisa memecahkan suatu masalah disekitar kita karena arsitektur sangat dekat dengan problem lingkungan ataupun manusia jadi sudah sangat lengkap deh kalau di arsitektur ini jika dipelajarin maka kita seperti belajar banyak hal.

saya juga dari semester satu sudah sambil kerja di biro arsitek di medan di simon+dhoni studio dari tahun 2011 kebetulan tamatan smk dibidang yang sejenis maka saya sudah punya basic untuk kerja seperti autocad dan menggambar rumah. saya juga cukup lama bekerja disana kenapa ? bukan masalah gaji, pengalaman ataupun nama tapi melainkan karena saya cinta arsitektur sehingga saya bisa betah disana, kalau saya kerja dibidang lain mungkin sebulan juga udah resign.

meja gambar untuk meja  serbaguna … ini wajib dimiliki oleh mahasiswa arsitektur kenapa ? karena meja ini sangat membantu mu dalam menggambar manual apalagi ukuran kertas yang A0 pasti kesulitan jika menggambar dilantai. dan dimeja kaca ini juga kalian bisa menjiplak atau mengkalkir lebih mudah karena bisa gunakan lampu sorot dari bawah gunakan lampu belajar juga bisa. buat bikin maket disini juga bisa seperti motong-motong jadi lantai rumahmu nggak jadi korban deh. untuk membuat meja ini bisa menghabiskan dana 600 ribu nah untuk itu coba cari kenalan senior arsitektur yang sudah mau lulus pasti mereka jual kekamu bisa dapat setengah harganya seperti saya hehe.

2012-09-25 06.23.49 2012-10-17 20.47.09

ini adalah beberapa tugas kuliah saya dari semester 1-6 kira kira tugas kecil gitu dan ini hanya ini yang pernah sempat saya dokumentasikan ok silahkan dilihat-lihat walau tak seberapa

tugas maket rumah adat indonesia …… nggak tau ni rencana mau bikin rumah adat melayu yah jadinya begini karena waktu bikinnya mepet bener karena harus fokus ama tugas studio jadi apadanya saja hehe yang penting aku fokus bikin bentuk nya aja ada atap dinding, pagar dan tangganya. tapi ntah kenapa bisa dapat A dimata kuliah ini.

2014-02-05 01.19.36

 

 

 

 

 

 

tugas membuat posisi bangunan …. tugas ini bertujuan untuk mempelajari posisi masa bangunan yang pas dengan lahannya dengan pola linier, grid atau lainnya …. disini saya buat sebuah bangunan dengan efek cermin gitu didalam hutan jadi massanya jadi terkamuflase dan nggak terlihat yah intinya gitu deh.

2012-11-28 11.54.10 2013-02-14 08.52.41  2013-02-14 08.52.10 2013-02-03 21.55.102013-02-14 08.52.26

beberapa tugas sketsa … kami jarang sih di kuliah tugas penerapan sketsa gini nggak terlalu banyak diajarin juga itu ada sketsa pertama kuliah ku dulu yang gambar luar rumah  dan dibuat pada masa pjta atau seperti ospek gitu cuman kami nginep di istana pardede dekat binjai, disana kami di buat seperti orang-orangan nya para senior. tapi disana kita bakal dapat tawa,sedih dan senangnya deh pokoknya ambil positifnya aja.

2012-10-17 22.20.39 2012-10-17 21.45.45 2012-10-09 11.39.392012-09-25 06.22.23

tugas membuat pola vertikal yang diulang-ulang menjadi sebuah ruang… ini konsepnya emang pingin buat gereja dengan permainan naik turun walau nggak rapi tapi dosennya suka ama tema dan cara bentuknya.

2013-03-29 21.12.35 2013-03-29 21.24.57 2013-04-01 08.40.02

membuat bentuk dari korek api…. yah ini sebenarnya abstak dan aku pasrah pas membuatnya asal jadi aja yang penting pola awalnya ada kubuat seperti piramida jadi ku join aja semuanya jadi nya seperti ini  seperti tower.

2013-07-07 21.34.51 2013-07-06 18.38.232013-07-01 07.22.39

membuat sebuah bentuk dari kaca ini untuk ujian kalau tak salah ….disusun dengan bentuk kaca yang sama namun posisi yang berbeda sehingga menghasilkan pola yang unik dan menarik.. yah saya juga cuman bisanya maksimal begini dan diberi lampu didalamnya agar efek bias kacanya terlihat dari luar.

2013-07-14 19.52.44 2013-07-14 20.31.49

tugas dari lidi …  jadi kita pertama harus membuat pola nya terlebih dahulu atau yang berwarna hijau itu dan baru lidinya kita bentuk terserah nempelnya dimana aja selagi masih didalam polanya.

2013-06-24 11.14.162013-07-28 19.39.23

tugas lainnya yang menurutku gagal. nggak sesuai dengan apa  yang ku pikirkan.

2013-05-06 09.18.56 2013-04-07 22.09.46 2013-07-18 09.27.47

tugas maket kelompok …. sebenarnya ini apa adanya aja yang kami kumpul.

img_2785

ini adalah tugas teknik komunikasi …. saya suka dengan karya ini tapi dosennya nggak suka ntah kenapa mungkin selera berbeda…. konsep awal saya pilih ialah seperti komik gitu jadi saya dan teman-teman kubuat seperti manga. menurutku dengan komik kita lebih mudah menjelaskan apa yang mau kita jelaskan juga nantinya ..Untitfgfled 2013-01-12 16.04.46

kakinya kubuat seperti kaki spongebob untuk komiknya dibuat seperti jemuran sehingga orang yang melihat nya bisa memutarnya dan orang itu juga menjadi aktif dan nggak harus hanya melihat aja .

nah ide boneka danbo nya dari temenku. saya juga suka dan kebetulan sangat cocok dijaiin sebagai maskot yang jagain si kaki presentasi.

2013-01-11 20.34.28 2013-01-11 07.11.02

ini isi komiknya dibaca aja

1 2345678910

ini setelah jadinya lucu kan…. 

IMG_2628 2013-01-15 10.08.50 2013-01-15 10.08.13

tugas perkembangan arsitektur global …. jadi ini sejarah singkatnya aja sih

yunani ROMAWI mesopotania MESIR

tugas interior tapi harus ada permasalahan yang kita angkat .. disini saya mengangkat tentang isu banyaknya penghuni yang tinggal ditepi rel kereta api, saya mikirnya kenapa harus ditepi rel ? jadi saya coba bikin diatas rel aja dengan tiang penyangga dengan rumah berbahan kontainer sehingga juga orang orang yang didalam kereta tidak akan melihat lagi adanya wilayah kumuh ditepi rel dan bekas peninggalan rumah tepi rel juga bisa dibuat menjadi taman tentunya jadi lebih indah.

masalahnya mungkin hanya getaran dari kereta yang lewat .. namun setelah ditanya tanya sama teman yang tinggal di tepi rel mereka ternyata sudah biasa dengan getaran itu bahkan dari jauh juga terasa jadi bukan lagi jadi gangguan buat mereka, udah makanan sehari-hari.

kontainer ini disusun rapi secara horizontal dan naiknya dengan tangga …. kenapa horizontal ? kenapa nggak vertikal kan lebih banyak dapat nya ? karena menurutku horizontal itu udah sangat familiar dan tradisinya orang kita. ingatkah kita melihat penggusuran pasar tradisional dan pedagang kaki lima yang berjejer horizontal mereka direlokasikan ke bangunan yang vertikal dan selalu gagal karena banyak hal … kalau saya pribadi pasar tradisional itu diambil dari kata tradisi.. sesuatu yang sudah menjadi tradisi tentu tidak dapat diubah lagi ? apalagi emang dari awalnya horizontal kenapa harus dibuat vertikal ya tradisi sulit untuk diubah..

.bentuk masa bangunan denah kontainer int. bed int. dapur

tugas interior … membuat ruangan dari denah tugas studio kami … kebetulan saya membuat tugas studio rumah sekaligus klinik jadi saya ambil ruangan resepsionis klinik ama r.tamu rumahnya aja … konsepnya pake hpl kayu kayu biar lebih hidup aja karena disini desain rumah ku emang lebih ke tropis biar menyatu sama ruangannya.

6 5 712   43

beberapa tugas poster 

TROPISC Untitleda-1aa cleanZaha hadid ( cindra - 121840062)

tugas produk …. membuat produk sebuah karya dari bahan bekas .. temanya seperti pohon sakura dengan kaki dari kayu kursi bekas dan lampunya dari kertas kalkir print bunga sakura sebagai motifnya dan rangkanya dari kawat kandang dilingkar lalu bagian tapak kaki dari kaleng biskuit dicor beton  sehingga dapat menahan beban berat diatasnya kaleng biskuit dicat hijau seperti dataran rumput dan cor betonnya ditutup dengan rumput mainan bekas akuarium biar menyatu dan menyamarkan cor betonnya. dosennya suka jadi diambil diletak diruangannya.

mpu (4)IMG-20130729-WA0001mpu (1)IMG-20130729-WA0000mpu (2)mpu (3)

tugas mind map

r1 r2 r4 rp (1) rp (2) rp (3) rp (4) rp (5)

sekian dulu hanya segini saja yang ada terdokumentasi walau karya dan hasilnya agak memalukan dan amatiran hehe , nanti jika dapat lagi dari teman atau file lama bakal langsung ku update karena ini bakalan jadi sejarah dan perjuangan ku kelak saat menjadi mahasiswa dan saya harus menghargainya walau biasa-biasa saja. salam (cg)

#architecture, #arsitektur, #kuliah, #medan, #pardede

KECAPITAR

apa itu kecapitar ? singkatan dari kecapi dan gitar . awalnya alat musik ini terinspirasi oleh trevor gordon hall dengan kalimbatarnya …. awalnya saya hanya mencari cara bagaimana sesuatu alat musik lain bisa menempel di gitar ini yang belum pernah dibuat orang lain nah kebetulan dapat inspirasi bagaimana dengan kecapi karena soundnya juga dipetik pasti lebih manyatu nantinya dengan sound gitar. kesulitannya awalnya dimana mau diletakkan kecapinya ? nah disini saya coba berfikir keras dan desain selama satu bulanan, nah dapat deh bentuk seperti dibawah ini yang mengikuti pola bentuk gitar dan bisa bongkar pasang sehingga tidak perlu ada bagian gitar yang dirombak atau di bolongin, jadi jika butuh main kecapinya tinggal pasang saja jadi lebih efisien dan tidak merusak gitarnya.

1957441_809917362358318_1244172672_n2014-11-13 00.39.13

kecapitar ini murni ide dan desain dari saya pribadi jadi original gitu deh ….  cara mainnya pasti kalian sudah ngerti lah ya … nah untuk menempel di gitarnya gunakan double tip yang itam itu yang tebel agar tidak mudah jatuh . soundnya juga mirip kecapi tapi lebih rendah sustainnya dan agak dark suasananya.

kekurangan dari kecapitar ini ialah jika menempel kebody gitar pasti sound gitar menjadi mendem karena getaran top body ada yang menghambat kira kira sustain dan tone jadi turun setengah yah sampe sekarang saya masih mencari cara bagaimana cara supaya tu kecapi nggak harus menempel di top gitarnya tapi tetap berada dijangkauan tangan  dan masih berada di pola gitarnya.

bagaimana dengan outputnya ? kebetulan saya menggunakan pickup lrbaggs lyric yang bisa menangkap perkusi dan getaran dari gitar sehingga petikan kecapi akan tertangkap oleh pickupnya dan cukup jelas .

untuk kedepannya mungkin ini kecapi bakalan punya pickup sendiri jika saya sudah menemukan cara supaya dia ngambang dari top gitarnya.

ok12F

untuk ukuran dan bahannya sudah ku buat sedetail mungkin agar luthiernya tidak kesulitan membuatnya. secara teknis nya juga seperti perlengkapan yang dibutuhkan si  kecapitar . untuk luthier sendiri aku gunakan jasa dari roh rawa cek fb  nya ya …. kira-kira ada 4 luthier yang sudah menolak ide ini karena mungkin malas atau nggak tau teknisnya itusih alasannya.

ini sketsa awalnya 

2014-01-30 21.36.44 2014-01-30 10.10.54 IMG_20140131_2002052014-02-09 09.48.58

ini proses pengerjaannya

saddle dibuat dari binding dan dryernya dari besi yang dibentuk ujungnya agar bisa diputar oleh pemutar/tang

bahannya full solid kayu rosewood/sonokeling difinishing satin. senarnya nomor satu semua

1624224_809930919023629_1205651520_n 1796419_657882014250278_1789971926_n 1912258_657540244284455_416976414_n 1937993_805950396088348_1267360747_n 1961643_805950392755015_1528015183_n 1964209_808160269200694_753263771_n 1964286_808160259200695_43424877_n

ini pemutar dryernya juga khusus dibuat caranya diputar seperti senar kecapi siter

1624553_803458209670900_112524636_n 1781674_803458083004246_284407549_n 1922967_803458256337562_1284838972_n

penampakan view lainnya 

2015-03-15 21.14.19 10462824_790821900956288_4339910253585990076_n141210-0025181795477_664469876924825_1981960921_n2015-03-15 21.13.25

ini sample soundnya 

sekian dan terimakasih 🙂 sebenarnya kecapitar ini masih banyak kekurangan tapi untuk eksperimen awal ini sangat banyak pelajaran yang bisa kuambil (cg).

#fingerstyle, #free-fingerstyle-album, #gitaris-fingerstyle, #gratis-mp3, #ifgc, #ifgc-medan, #indonesian-fingerstyle-guitar-community