MUSEUM SENJATA DAN ARENA LATIHAN TEMBAK MEDAN

3

Ini adalah tugas studio akhir saya, ada tiga judul yang diajukan dgn konsep satu bentang lebar, satu masa banyak dan satu lagi high rise building. dan judul yang diterima adalah masa dengan bentang lebar yaitu museum senjata dan arena latihan tembak medan.

Proyek terdiri dari dua bagian yaitu museum yang dikelola oleh pemerintah dan arena latihan tembak dikelola oleh pihak swasta. Kedua judul ini bisa saling berhubungan karena menjerumus ke tujuan yang sama yaitu pengenalan sebuah alat senjata baik modern atau pada zaman dahulu bahkan zaman purba.

latar belakang judul ini adalah :

Sebenarnya museum senjata di kota Medan sudah ada yaitu Museum Perjuangan Bukit Barisan, berisikan tentang senjata dan perjuangan zaman sebelum kemerdekaan. Jadi judul ini juga bertugas untuk merangkul Museum Perjuangan Bukit Barisan untuk bergabung ke Museum senjata kota Medan dimana nantinya akan ada perpaduan antara senjata zaman penjajahan juga senjata tambahan dari era modern hingga sekarang.

(Museum Perjuangan Bukit Barisan Medan)

dsc_0510 dsc_0528 dsc_0535 dsc_0548

Banyak senjata api didalamnya dan juga banyak aksesoris senjata lainnya silahkan datang deh . 🙂

Pengenalan akan sebuah senjata sangatlah penting dari sejak dini bahkan yang sudah terlanjur berusia lanjut, kita harus tahu tujuan dibuatnya senjata dan sejarahnya agar menanamkan semangat juang kepada diri kita untuk membela tanah air kelak. Seperti halnya di Korea Utara, mereka dikenalkan senjata dari usia dini agar kecintaan dan jiwa nasionalisme mereka tertanam dari kecil.

Sebagai kelahiran anak Indonesia sejati sudah seharusnya kita mengenal senjata dan bisa menggunakannya baik wanita ataupun pria demi kepentingan Negara jika ada panggilan kelak, dimana perang dan juga teror sudah sangat terlihat dan tidak bisa di bohongi lagi, bisa saja kedua itu datang kapan saja sehingga kita sudah mempunyai bekal minimal tahu cara menggunakan senjata dan bisa langsung terjun untuk membela tanah air atau untuk membela diri jika menjumpai senjata.

Khususnya dikota Medan komunitas menembak juga sudah banyak sehingga arena tembak ini nantinya akan menjadi tempat yang menjanjikan dan bisa dimanfaatkan oleh mereka.

(LAPANGAN TEMBAK PERBAKIN MEDAN JL. GAPERTA)

JpegJpeg

JpegJpeg

Saya baru pertama kali dengar suara senjata api yg asli itu di sini sangat kuat sekali seperti 2 kali lipat tembakan paku plafon, rasanya ingin tutup kuping tapi malu juga yah saya merasa kecewa dengan diri sendiri krna merasa lemah jujur aja .

nah ini hasil pekerjaan yang saya desain selama 3 bulan

KONSEP 

b c d e f g

drone saya desain untuk memberi kesan pendukung futuristik kebangunan saya. dia bisa berputar ditiup angin nanti bayangan nya juga ikut berputar sehingga sekitar bangunan menjadi lebih hidup.

dronenya tinggal taruh diatasnya panci ember kaos oblong dan hanger baju jadi lah panjang pinang hehe (becanda)

j ml

X BANNER

x-banner3x-banner2

BROSUR

x

karena yang saya bikin adalah sebuah produk maka saya juga harus bisa menjualnya maka saya buatlah brosur saat presentasi sebagai penarik minat masyarakat untuk datang karena orang lokal masih bnyak yang tidak tau tentang museum perjuangan dan juga lapangan tembak perbakin.

EKSTERIOR

h 3 2 4 1

mirip gembok ya atau closet ? jujur saya nggak sampai berfikir kesitu, awalnya yang dibayangan saya pas desainnya dari sudut mata manusia bukan mata burung , tapi itu jadi pelajaran buat saya.

INTERIOR

MUSEUM SENJATA PERJUANGAN

o p

saya lebih suka yang suasana gelap sih seperti dalam gua yang dingin biarkan cahaya dari celah celah bangunan yang menerangi senjatanya

LAPANGAN TEMBAK INDOOR DAN OUTDOOR

q r s

ARENA PAINTBALL DAN TAMAN INDOOR

u   v

bekas peluru paintball yg melekat dikaca sengaja tak dibersihkan tujuannya nanti bakalan menjadi seni natural yang terlihat dari taman jadi setiap ada yang main maka seni nya juga akan berubah ubah

MUSEUM SENJATA MODERN

t

MAKET 

1475640460160 1475640470981 1475640492733 1475640498049

1 2

sebenarnya proyek ini banyak kekurangannya dari segi suara dan keamanan terutamanya. tapi saya puas dengan pekerjaan ini.

file dan data tidak bisa saya bagi karena banyak menyangkut keamanan perbakin dan museum kodam bukit barisan ….

#architecture, #arena-tembak, #arsitektur-istp, #bukit-barisan, #drone, #gaperta, #istp-medan, #kodam, #kuliah, #lapangan-tembak, #medan, #museum, #museum-perjuangan-medan, #paint-ball, #perbakin, #senjata, #studio-tugas-akhir, #tugas-akhir

Advertisements

Tugas Studio Perancangan Arsitektur 4

Tugas studio perancangan arsitektur 4 (stupa) HIGHRISE BUILDING ( APARTMENT )
di tugas ini ada 2 pilihan antara membuat hotel atau apartemen … kebetulan saya dapatnya apartemen … yang terpintas untuk apartemen mungkin akan bermewah mewahan dan kelas atas seperti di tv-tv … tapi saya mau coba buat apartemen yang sederhana aja karena saya juga belum punya banyak ilmu dan detail masih banyak kurang paham jadi membuat apartemen khusus kalangan menengah begitu contohnya mahasiswa karena dimedan juga apartemen khusus mahasiswa juga belum ada kebanyakan masih kos kosan jadi kayaknya cocok untuk peruntukan mereka.
nah karena ini khusus mahasiswa maka saya harus mencari site yang terdekat dengan kampus yang terbesar di medan yaitu USU … kenapa usu ? karena mahasiswa nya banyak pasti apartemennya cepat laku dan buat mahasiswa kampus lain yang terdekat juga bisa …
ini sitenya…. kenapa ?
 LOKASI
site ini memang diperuntukan untuk membuat sebuah condominium dan sudah dalam proses…  dekat juga dengan kampus USU ….. karena kebetulan saja punya visi yang sama jadi saya ambil dilahan ini juga sebagai apartemen fiktifnya jadi nggak perlu nyari data izin peruntukan lagi.
 ……………………………………………………
mau tau condominium yang mau dibangun di situ cek dibawah ini saya ambil langsung dari web http://setiabudicondominium.com/

Eksterior1a

flyer setiabudi baru

flyer setiabudi baru

PROPERTI-Riyadh Group Indonesia melalui anak usahanya PT Lima Putra Realty melakukan ground breaking pembangunan Setiabudi Condominium, Kota Medan hari ini 6 November 2014. Prosesi pertanda dimulainya pembangunan apartemen yang menelan investasi sekitar Rp 300 miliar rupiah itu dihadiri olehKetua DPD RI Irman Gusman yang sekaligus melakukan groundbreaking.

Sejumlah pejabat baik dari pusat maupun daerah juga tampak hadir, di antaranya, anggota DPD RI Sumut Perlindungan Purba, Dedi Iskandar Batubara, Rijal Sirait, Deputi Gubernur Bidang Permukiman DKI Jakarta Syahrul Effendi, Rektor USU Prof. DR. Dr. Syahril Pasaribu DTM&H, M.Sc (CTM), Sp A/K, Ketua DPD REI Banten Soelaiman, Ketua DPD REI Aceh Zulfikar, dan hadir juga pengusaha sekaligus Ketua PMI Sumut DR. H. Rahmat Shah.

Tomi Wistan

Selain itu tampak hadir juga dalam acara prosesi ground breaking, Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Infrastruktur dan Property Tomi Wistan serta Ketua DPD REI Sumut H. Umar Husein. Hadirnya pejabat penting dan pengusaha baik dari pusat maupun daerah itu menandakan tingginya dukungan terhadap pembangunan Setiabudi Condominium.

“Pembangunan low cost condo seperti Setiabudi Concominium masih sangat dibutuhkan untuk menjawab backlog perumahan dan ditengah kelangkaan lahan serta tingginya harga tanah di Indonesia. Pembangunan  condo bisa menjadi solusi. Oleh karena itu perijinan jangan sampai dipersulit. Bagi saya, Lima Putra Realty adalah developer pertama dan pionir pembangunan low cost condo di Medan,” ujar Irman Gusman.

Presiden Direktur PT Lima Putra Realty Ir. Bally Saputra MM mengatakan, kota Medan yang pertumbuhannya sangat pesat merupakan daerah potensial untuk mengembangkan properti khususnya apartemen dan condominium. Hal ini didukung dengan perekonomian yang tumbuh positif dan infrastruktur yang semakin membaik.

“Pengembangan bandara Kuala Namu menjadi lebih besar dan megah seperti saat ini membuat kota Medan semakin menarik untuk dikunjungi. Ini tentu akan membuat investasi di Medan menjadi lebih menarik. Kunjungan ke Medan juga akan semakin tinggi karena dukungan bandara megah tersebut,” ujar Bally di sela-sela prosesi ground breaking Setiabudi Condominium, Medan.

Proyek yang membidik segmen menengah ini dibangun di lokasi strategis dengan target utama adalah kalangan mahasiswa. Jaraknya hanya 1 kilometer dari Universitas Sumatera Utara, salah satu kampus terbesar di pulau Sumatera. Bally optimis proyek ini akan terserap dengan baik oleh mahasiswa yang tiap tahunnya bertambah mencapai ratusan ribu orang.

Dikatakan Bally, tak jauh dari lokasi Setiabudi Condominium akan dibangun akses tol menuju Kuala Namu Internasional Airport. Dengan begitu, ia yakin kenaikan nilai investasi di kawasan tersebut akan semakin tinggi, “Bisa mencapai 20-30 persen kenaikannya,”imbuh Bally seraya menambahkan pada hari pertama setelah ground breaking telah terjual sebanyak 40 unit dari total 848 unit.

Sumber :

http://www.propertynbank.com/setiabudi-condominium-medan-mulai-dibangun/

nah begitulah kata yang diatas …..

dan ini hasil analisa dan tugas apartement yang saya buat dan desain hanya satu masa jadi berbeda ama yang condominium …. karena kami di tugaskan untuk membuat bangunan highrise building bukan masa banyak

di apartemen ini juga terdapat 2 fungsi utama yaitu sewa kantor dan ruang apartemennya dan  banyak fasilitas lainnya bisa dilihat di poster paling bawah. di 3d eksterior ini saya nggak sempat bikin detail detail karena terbatasnya waktu desain dan lainnya jadi saya fokus ke bentuk massa dan material saja dan masih banyak kekurangannya hehe.

bentuknya saya ambil dari segitiga zigzag karena saya ingin membuat apartemen yang biayanya sedikit maka saya  hanya menggunakan material finishing cat doang tanpa second skin dan struktur juga terekspose , jadi bentuk massa dan fasade lah yang akan mendukung desain saya

EKSTERIOR
EXTERIOR 3EXTERIOR 1EXTERIOR 4EXTERIOR 2

INTERIOR

sederhana aja sesuai kebutuhan anak mahasiswa

INTERIOR 1 INTERIOR 2

STRUKTUR

corenya ada 2 diluar bangunan jadi pengunjung apartemen pas naik lift bisa lihat keluar bangunan viewnya juga sudah saya atur mengarah ke pusat kota medan …..

ISOMETRI STRUKTUR2 ISOMETRI STRUKTUR1

ini poster nya buat papan presentase secara singkat semoga bisa mudah dimengerti
PAPAN PRESENTASI

kalau mau file cad nya juga boleh buat bahan share sekalian mau nyimpan data dan menuhin blog aja
tapi gambar kerja saya nggak terlalu detail dan pasti banyak kekurangan yah masih proses belajar.
laporan : http://www.mediafire.com/download/75qa21v2m7fr172/LAPORAN.docx

rencana + detail : http://www.mediafire.com/download/ekh5no53gtelz7t/RENCANA+DETAIL.dwg

isometri sanitasi : http://www.mediafire.com/download/bqq160bb25vm8yb/ISOMETRI+SANITASI.dwg

DTP : http://www.mediafire.com/download/0je97jkj6itoble/DENAH%2CTAMPAK%2CPOTONGAN.dwg

sekian dan terimakasih senang bisa berbagi 🙂

 

#apartemen, #arsitek, #arsitektur, #arsitektur-istp, #bangunan-vertikal, #highrise-building, #istp, #kuliah, #materi-apartemen, #setiabudi-condominium, #spa, #stupa-terpadu, #tugas-studio-perancangan

Pagar Masjid AL Munawarah

ini penampakan setelah jadinya 12400859_1014901618548314_8907715972409572163_n

lokasi di kanal stm ujung hanya disuruh desain pagar aja karena masjidnya sudah jadi

#indonesia, #lubang-angin, #masjid, #medan, #munawarah, #pagar, #pagar-masjid, #pagar-minimalis