Tugas Studio Perancangan Arsitektur 4

Tugas studio perancangan arsitektur 4 (stupa) HIGHRISE BUILDING ( APARTMENT )
di tugas ini ada 2 pilihan antara membuat hotel atau apartemen … kebetulan saya dapatnya apartemen … yang terpintas untuk apartemen mungkin akan bermewah mewahan dan kelas atas seperti di tv-tv … tapi saya mau coba buat apartemen yang sederhana aja karena saya juga belum punya banyak ilmu dan detail masih banyak kurang paham jadi membuat apartemen khusus kalangan menengah begitu contohnya mahasiswa karena dimedan juga apartemen khusus mahasiswa juga belum ada kebanyakan masih kos kosan jadi kayaknya cocok untuk peruntukan mereka.
nah karena ini khusus mahasiswa maka saya harus mencari site yang terdekat dengan kampus yang terbesar di medan yaitu USU … kenapa usu ? karena mahasiswa nya banyak pasti apartemennya cepat laku dan buat mahasiswa kampus lain yang terdekat juga bisa …
ini sitenya…. kenapa ?
 LOKASI
site ini memang diperuntukan untuk membuat sebuah condominium dan sudah dalam proses…  dekat juga dengan kampus USU ….. karena kebetulan saja punya visi yang sama jadi saya ambil dilahan ini juga sebagai apartemen fiktifnya jadi nggak perlu nyari data izin peruntukan lagi.
 ……………………………………………………
mau tau condominium yang mau dibangun di situ cek dibawah ini saya ambil langsung dari web http://setiabudicondominium.com/

Eksterior1a

flyer setiabudi baru

flyer setiabudi baru

PROPERTI-Riyadh Group Indonesia melalui anak usahanya PT Lima Putra Realty melakukan ground breaking pembangunan Setiabudi Condominium, Kota Medan hari ini 6 November 2014. Prosesi pertanda dimulainya pembangunan apartemen yang menelan investasi sekitar Rp 300 miliar rupiah itu dihadiri olehKetua DPD RI Irman Gusman yang sekaligus melakukan groundbreaking.

Sejumlah pejabat baik dari pusat maupun daerah juga tampak hadir, di antaranya, anggota DPD RI Sumut Perlindungan Purba, Dedi Iskandar Batubara, Rijal Sirait, Deputi Gubernur Bidang Permukiman DKI Jakarta Syahrul Effendi, Rektor USU Prof. DR. Dr. Syahril Pasaribu DTM&H, M.Sc (CTM), Sp A/K, Ketua DPD REI Banten Soelaiman, Ketua DPD REI Aceh Zulfikar, dan hadir juga pengusaha sekaligus Ketua PMI Sumut DR. H. Rahmat Shah.

Tomi Wistan

Selain itu tampak hadir juga dalam acara prosesi ground breaking, Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Infrastruktur dan Property Tomi Wistan serta Ketua DPD REI Sumut H. Umar Husein. Hadirnya pejabat penting dan pengusaha baik dari pusat maupun daerah itu menandakan tingginya dukungan terhadap pembangunan Setiabudi Condominium.

“Pembangunan low cost condo seperti Setiabudi Concominium masih sangat dibutuhkan untuk menjawab backlog perumahan dan ditengah kelangkaan lahan serta tingginya harga tanah di Indonesia. Pembangunan  condo bisa menjadi solusi. Oleh karena itu perijinan jangan sampai dipersulit. Bagi saya, Lima Putra Realty adalah developer pertama dan pionir pembangunan low cost condo di Medan,” ujar Irman Gusman.

Presiden Direktur PT Lima Putra Realty Ir. Bally Saputra MM mengatakan, kota Medan yang pertumbuhannya sangat pesat merupakan daerah potensial untuk mengembangkan properti khususnya apartemen dan condominium. Hal ini didukung dengan perekonomian yang tumbuh positif dan infrastruktur yang semakin membaik.

“Pengembangan bandara Kuala Namu menjadi lebih besar dan megah seperti saat ini membuat kota Medan semakin menarik untuk dikunjungi. Ini tentu akan membuat investasi di Medan menjadi lebih menarik. Kunjungan ke Medan juga akan semakin tinggi karena dukungan bandara megah tersebut,” ujar Bally di sela-sela prosesi ground breaking Setiabudi Condominium, Medan.

Proyek yang membidik segmen menengah ini dibangun di lokasi strategis dengan target utama adalah kalangan mahasiswa. Jaraknya hanya 1 kilometer dari Universitas Sumatera Utara, salah satu kampus terbesar di pulau Sumatera. Bally optimis proyek ini akan terserap dengan baik oleh mahasiswa yang tiap tahunnya bertambah mencapai ratusan ribu orang.

Dikatakan Bally, tak jauh dari lokasi Setiabudi Condominium akan dibangun akses tol menuju Kuala Namu Internasional Airport. Dengan begitu, ia yakin kenaikan nilai investasi di kawasan tersebut akan semakin tinggi, “Bisa mencapai 20-30 persen kenaikannya,”imbuh Bally seraya menambahkan pada hari pertama setelah ground breaking telah terjual sebanyak 40 unit dari total 848 unit.

Sumber :

http://www.propertynbank.com/setiabudi-condominium-medan-mulai-dibangun/

nah begitulah kata yang diatas …..

dan ini hasil analisa dan tugas apartement yang saya buat dan desain hanya satu masa jadi berbeda ama yang condominium …. karena kami di tugaskan untuk membuat bangunan highrise building bukan masa banyak

di apartemen ini juga terdapat 2 fungsi utama yaitu sewa kantor dan ruang apartemennya dan  banyak fasilitas lainnya bisa dilihat di poster paling bawah. di 3d eksterior ini saya nggak sempat bikin detail detail karena terbatasnya waktu desain dan lainnya jadi saya fokus ke bentuk massa dan material saja dan masih banyak kekurangannya hehe.

bentuknya saya ambil dari segitiga zigzag karena saya ingin membuat apartemen yang biayanya sedikit maka saya  hanya menggunakan material finishing cat doang tanpa second skin dan struktur juga terekspose , jadi bentuk massa dan fasade lah yang akan mendukung desain saya

EKSTERIOR
EXTERIOR 3EXTERIOR 1EXTERIOR 4EXTERIOR 2

INTERIOR

sederhana aja sesuai kebutuhan anak mahasiswa

INTERIOR 1 INTERIOR 2

STRUKTUR

corenya ada 2 diluar bangunan jadi pengunjung apartemen pas naik lift bisa lihat keluar bangunan viewnya juga sudah saya atur mengarah ke pusat kota medan …..

ISOMETRI STRUKTUR2 ISOMETRI STRUKTUR1

ini poster nya buat papan presentase secara singkat semoga bisa mudah dimengerti
PAPAN PRESENTASI

kalau mau file cad nya juga boleh buat bahan share sekalian mau nyimpan data dan menuhin blog aja
tapi gambar kerja saya nggak terlalu detail dan pasti banyak kekurangan yah masih proses belajar.
laporan : http://www.mediafire.com/download/75qa21v2m7fr172/LAPORAN.docx

rencana + detail : http://www.mediafire.com/download/ekh5no53gtelz7t/RENCANA+DETAIL.dwg

isometri sanitasi : http://www.mediafire.com/download/bqq160bb25vm8yb/ISOMETRI+SANITASI.dwg

DTP : http://www.mediafire.com/download/0je97jkj6itoble/DENAH%2CTAMPAK%2CPOTONGAN.dwg

sekian dan terimakasih senang bisa berbagi 🙂

 

#apartemen, #arsitek, #arsitektur, #arsitektur-istp, #bangunan-vertikal, #highrise-building, #istp, #kuliah, #materi-apartemen, #setiabudi-condominium, #spa, #stupa-terpadu, #tugas-studio-perancangan